Tentang Zakat

Posted by abi faiz | 10:58 AM | | 0 comments »

Zakat adalah ibadah mahdhah yang sejajar dengan sholat. Hal ini berdasarkan kepada ayat-ayat yang senantiasa menggandengkan zakat dengan shalat pada ayat yang sama, tanpa pemisah hukumnya. seperti :

Firman Allah SWT. :

"Dirikanlah oleh kalian shalat keluarkanlah zakat dan rukulah berserta orang-orang yang ruku" (QS. Al Baqarah : 43)

"Dan kami jadikan mereka ketua-ketua yang memimpin manusia dengan perintah kami, dan kami wahyukan kepada mereka perbuatan-perbuatan baik dan mendrikan shalat dan mengeluarkan zakat dan mereka itulah orang-orang yang beribadah kepada kami (QS. Al Anbiya : 73)

"Dan ia jadikan aku orang berbakti dimana saja aku berada dan wajibkan aku sholat dan zakat selama hidupku." (QS. Maryam : 31)

"Dan ia menyuruh ahlinya mendirikan shalat dan mengeluarkan zakat dan adalah ia seorang yang di ridhai tuhannya (QS. Maryam : 55)

dan masih banyak lagi ayat-ayat lainya....
At-Taubah : 5,12 dan 18, Al Haj : 4, Al Maidah : 55, An Naml : 3, Luqman : 4, dsb.)

Sebuah hadis dari Abi Huraerah :

"Sesungguhnya orang arab kampung datang kepada Nabi lalu dia bertanya : Tunjukkan kepada ku amalan yang apabila aku mengamalkannya aku masuk surga

Rasulullah menjawab : Engkau beribadah kepada Allah, tidak menyekutukannya sedikitpun dan engkau mendirikan shalat maktubah, dan engkau tunaikan zakat mafrudhah dan engkau melaksanakan shaum Ramadhan.

Ia berkata : Demi Allah, aku tidak akan menambah ini

dan ketika ia berlalu Rasulullah saw. berkata : Siapa yang merasa senang melihat seorang laki laki dari ahli surga lihatlah laki-laki ini (HR. Al Bukhari)

0 comments